Home Peristiwa Wakil Bupati Tuban Berharap ada pemetaan Potensi Kerawanan Bencana

Wakil Bupati Tuban Berharap ada pemetaan Potensi Kerawanan Bencana

9

Reporter : Ahmad Fauzi

Tuban, mediapantura.com – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., kembali menekankan pentingnya pemetaan potensi kerawanan bencana tiap wilayah di Kabupaten Tuban.

Hal tersebut disampaikan Wabup saat memberi pengarahan Pembinaan Desa Tangguh Bencana (Destana) di desa Bulurejo, Rengel, Kamis (02/07/2020).

Pemetaan potensi kerawanan bencana mencakup bencana alam maupun non alam. Hal tersebut akan membantu penentuan langkah mitigasi bencana terbaik. Sehingga akan menekankan jumlah korban jiwa maupun kerugian materi.

Wabup kelahiran Rengel ini mengungkapkan, lokasi Desa Bulurejo yang berdekatan dengan industri migas, mengharuskan warga desa paham mengenai langkah yang diambil ketika terjadi kegagalan teknologi industri maupun potensi Bencana lainya

“Destana memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat tentang mitigasi bencana,” Kata Wabup.

Selain Desa Bulurejo juga telah mendirikan desa-desa di tepian Bengawan Solo menjadi Desa Tangguh Bencana. Tidak hanya memiliki Destana, Kecamatan Rengel juga memiliki Kampung Tangguh Bencana di Desa Prambonwetan yang diinisiasi oleh jajaran Kepolisian.

Pada masa pandemi Covid-19, lanjut Wabup, anggota Destana memiliki tugas lebih yaitu mendukung upaya penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tuban. Pandemi Covid-19 harus menjadi perhatian, memiliki kepedulian sama di masyarakat agar penyebaran dapat diputus.

“Virus Corona bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal jabatan maupun kelas ekonomi, jadi kita harus berhati-hati,” serunya.

Wabup dua periode ini mengingatkan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga diri sendiri dan orang lain.

“Harus saling mengingatkan, disiplin agar terwujud Desa Tangguh seutuhnya,” imbuhnya.

Menindaklanjuti arahan Wabup Tuban, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Drs. Yudi Irwanto, MM., mengatakan pihaknya gencar melakukan sosialisasi mitigasi dan penanganan bencana, baik alam maupun non alam.

Dia juga menjelaskan bahwa desa Bulurejo juga memiliki beberapa potensi bencana alam lainnya seperti angin puting beliung, banjir dan bisa juga potensi bencana kegagalan industri.

Personil BPBD serta relawan Destana yang sudah di bentuk Harus bisa bekerjasama dan saling Koordinasi apabila terjadi bencana.

Yudi Irwanto menambahkan bahwa saat ini seluruh personil BPBD Kabupaten Tuban memang terfokus pada membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus covid-19 atau Corona serta memiliki tugas tanggung jawab di gugus tugas Covid-19 atau Corona yaitu melaksanakan penyemprotan disinfektan serta Melaksanakan pemakaman apabila ada Pasien Covid-19 atau Corona yang meninggal dunia.

“Ini menjadi wujud gotong royong dan kebersamaan bersama masyarakat penanganan Covid-19 maupun bencana lain agar mudah teratasi,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini camat bersama Forkopimka dan Kepala Puskemas Rengel, perangkat desa setempat dan sejumlah anggota Destana Bulurejo.(Af)