Home Peristiwa Wakapolres Blora Sidak Pelayanan Kantor Samsat

Wakapolres Blora Sidak Pelayanan Kantor Samsat

3

Blora, mediapantura.com – Wakapolres Blora, Kompol Samdani melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pelayanan masyarakat khususnya terkait pembayaran pajak kendaraan dan mutasi kendaraan bermotor, Jumat (13/09/2019) pagi.

Kegiatan dilakukan dengan mendatangi langsung kantor Samsat Blora bersinergi bersama Inspektorat Kabupaten Blora untuk mencegah adanya praktik pelanggaran berupa pungutan liar (pungli) yang bisa meresahkan masyarakat. “Hasilnya tidak ditemukan adanya praktik pelanggaran baik permainan maupun pungli oleh petugas,” ujar Wakapolres Blora.

Kompol Samdani mengatakan, sidak dilakukan atas perintah pimpinan, pengecekan dilakukan secara mendadak dan langsung ke lapangan atau lokasi sasaran dengan maksud bisa mengatahui kondisi sebenarnya pelayanan dari institusi Kepolisian kepada masyarakat. “Kita cek benar tidak ada pungli terkait pelayanan publik. Semua anggota Polri yang bertugas di kantor Samsat mendapatkan arahan untuk tidak bermain-main dengan pungli,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Wakapolres juga berbincang dengan pengunjung dan bertanya tentang mutu pelayanan yang diberikan oleh petugas di kantor Samsat serta memastikan pelayanan profesional dan bebas pungli. Selain itu, kepada petugas Samsat ditekankan untuk meningkatkan kualitas layanan berbasis IT sehingga layanan menjadi semakin cepat, profesional dan bebas pungli. Pengelolaan dana PNPB dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Pengecekan yang dilakukan Polres Blora dan Inspektorat Kabupaten Blora merupakan salah satu upaya Polri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bebas pungutan liar.(ar/red)