Home Politik|Pemerintahan Tri Astuti Himbau Untuk Perluas Sasaran Rapid Test dan Bantuan Warga Terdampak...

Tri Astuti Himbau Untuk Perluas Sasaran Rapid Test dan Bantuan Warga Terdampak Covid -19

45

Tuban, mediapantura.com – Menyoroti tingginya jumlah warga Kabupaten Tuban yang terindikasi positif covid-19 sebanyak 88 orang maka fraksi Gerindra setelah menyarankan agar refocusing anggaran pada saat rapat bersama banggar dan TAP DPD tanggal 2 juni 2020 mengusulkan rapid test massal.

Kegiatan rapid tes nantinya diharapkan bisa tetap sasaran dan di perluas mengingat anggaran yang tersedia yang bersumber dari belanja tak terduga dan dana insentif daerah telah difokusnya untuk percepatan penanganan covid-19 ini.

Kembali pada saat rapat kerja dengan dinas kesehatan dan mitra kerja komisi IV tanggal 25 juni 2020 dia menyoroti terkait anggaran tersebut dari anggaran Rp. 9.096.400.000,- dengan target sasaran rapid test sekitar 25 ribu orang telah digunakan untuk rapid test dengan sasaran 6.869 orang.

Maka kami menghimbau dari sisa anggaran itu agar sasaran ibu hamil, pedagang pasar, pengunjung cafe, swalayan, tenaga kesehatan, pegawai pelayanan publik, fasilitas kesehatan, dan pusat kerumunan termasuk pelajar yang akan kembali ke sekolah baik itu santri pondok maupun mahasiswa yang mengharuskan disertai hasil rapid test untuk di fasilitasi.

“Ini semua di maksud agar persebaran virus bisa terdeteksi lebih awal atau sejak dini,” papar Astuti.

Selain itu jumlah bantuan warga terdampak juga harus di tambah terutama bagi warga yang tidak tercover dalam bantuan sosial baik dari Kemensos, APBD propinsi dan daerah maupun dari dana desa.

Masih banyak warga terdampak lain seperti pekerja seni, pelaku UMKM, pedagang di tempat wisata dan juga kuli berharap agar dinas terkait melakukan pendataan warga terdampak ini.

“Masih banyak yang belum mendapat bantuan sosial diharapkan pihak Pemerintah untuk memperhatikan,” tandas Tri Astutik.

Saat ini kesehatan dan ketahanan pangan harus benar-benar menjadi fokus kita bersama, semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa segera mengangkat pandemi ini, semoga kita semua diberikan kesehatan, kekuatan dan kemampuan dalam menghadapi pandemi ini. (Red)