Home Kesehatan Tri Astuti Dorong Percepatan Dan Optimalisasi Capaian Imunisasi di Tuban

Tri Astuti Dorong Percepatan Dan Optimalisasi Capaian Imunisasi di Tuban

6

Reporter: Ahmad Fauzi

Mediapantura.com, Tuban-imunisasi dasar lengkap pada anak 0 bulan sampai kelas 6 SD sebagai upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) sehingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Imunisasi mulai dari Hepatitis B sampai imunisasi HPV (kelas 5 SD) wajib di berikan. Bahaya jika anak tidak di imunisasi akan mudah terserang penyakit dengan akibat yang lebih berat yaitu dapat menimbulkan kematian.

Peran Korim (koordinator imunisasi) sangat penting dalam memberikan pemahaman dan melakukan pendekatan kepada orang tua anak, agar imunisasi dilakukan. Masih ada kendala di lapangan yaitu adanya penolakan dari sasaran, sasaran proyeksi lebih besar daripada riil, kurangnya koordinasi serta keterlibatan linsek menjadi evaluasi Tri astuti yang menjabat sebagai Ketua Komisi 4 DPRD Tuban.

Astuti juga mengapresiasi dinas kesehatan yg telah menunjukan keseriusannya dalam capaian imunisasi secara optimal walaupun belum 100% masih ada kecamatan Bangilan yang capaian imunisasi kejar capaian masih 81% agar terus melakukan optimalisasi pencapaian, kemudian capaian imunisasi dasar lengkap untuk kecamatan Merakurak, Singgahan, Kenduruan ,Bangilan , Tambakboyo belum sesuai target saya berharap segera melakukan percepatan capaian.

“Pertanyaan apakah imunisasi bisa di berikan bila terlambat?” Jawabnya adalah Dapat (lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali).

Lalu apakah imunisasi harus di berikan pada saat anak sehat ? Maka sebaiknya iya , namun penyakit ringan seperti batuk pilek sedikit mencret bukan penghalang mutlak namun tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Imunisasi bisa dilakukan di puskesmas, rumah sakit, praktek dokter, bidan, sekolah dan posyandu.

Dalam sosialisasi kali ini ada harapan yang begitu besar terhadap nasib tenaga non PNS dan honorer yang ada di lingkup Dinas Kesehatan dan RSUD yang harus di perjuangkan kesejahteraannya. (Red)