Home Hukum|Kriminal Sinergitas TNI Polri Bersama Dinas Pertanian Blora Gelar Gerdal Hama Tikus Di...

Sinergitas TNI Polri Bersama Dinas Pertanian Blora Gelar Gerdal Hama Tikus Di Kedungtuban

6

Blora, mediapantura.com – Banyaknya hama tikus yang merusak tanaman padi dimusim tanam di wilayah Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora Jawa Tengah, betul – betul meresahkan warga. Untuk antisipasi hama tikus tersebut berbagai upaya telah dilakukan oleh petugas gabungan setempat.

Setelah Rabu, (08/07/2020) lalu di gelar kegiatan Gropyokan tikus serentak di desa se – Kecamatan Kedungtuban yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blora, gerakan pengendalian (Gerdal) hama tikus tersebut terus gencar dilakukan oleh aparat gabungan bersama warga.

Jumat, (10/07/2020) Bhabinkamtibmas desa Klagen Polsek Kedungtuban Bripka David Susilo bersama Babinsa Serda Suharyanto dan petugas penyuluh pertanian bersama anggota kelompok tani desa Klagen melakukan gerakan pengendalian hama tikus di area persawahan setempat.

Nampak Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan petugas penyuluh pertanian kompak bersama warga berburu tikus disawah.

Untuk diketahui berbagai kegiatan telah dilakukan oleh aparat gabungan bersama warga dalam penanggulangan hama tikus yang menyerang sawah sawah warga di wilayah Kedungtuban.

Kegiatan Sanitasi, pembersihan lingkungan sawah yang digunakan untuk lubang tikus, serta penyuluhan pengendalian tikus secara terpadu terus di lakukan

Tak hanya itu, Pemasangan Rubuha (rumah burung hantu) juga di lakukan disawah sawah warga dengan harapan dapat menekan hama tikus tersebut.

Kapolsek Kedungtuban Iptu Suharto mengungkapkan, pihaknya akan mendukung program dari pemerintah setempat, terutama dalam penanggulangan hama tikus yang sangat meresahkan warga. Kapolsek menceritakan bahwa dirinya telah mendorong Bhabinkamtibmasnya untuk selalu aktif dalam kegiatan di wilayah desa binaan masing – masing, “Bhabinkamtibmas kita berdayakan agar aktif membantu warga dalam penanggulangan hama tikus,” ucap Kapolsek Kedungtuban.

Sementara itu Kepala Desa Klagen Mashudi,S.Pd mengaku senang dengan kegiatan Gerdal hama tikus yang di gelar di wilayahnya, pihaknya mengucapkan terimakasih dan berharap kegiatan ini akan terus di gelar secara berkala, karena warga betul – betul di buat resah oleh tikus, “Tentunya kami senang dan kami mewakili warga sangat mengapresiasi, semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan berkala sehingga hama tikus bisa di tekan seminimal mungkin,” tutur Kepala Desa.(Red)