Home Pendidikan SDN Glagah Sari Hasilkan Produk Unggulan Keripik Daun Jambu Merah

SDN Glagah Sari Hasilkan Produk Unggulan Keripik Daun Jambu Merah

1091

Tuban, mediapantura.com – Dalam rangka mendukung penuh Program pemerintah mengenai Pendidikan berkarakter maka sebuah lembaga pendidikan hari ini di tuntut tidaka hanya hebat dalam proses belajar mengajar namun siswa-siswi maupun Dewan Guru juga harus mendapatkan program pendidikan lifeskil serta memanfaatkan potensi di dekat lembaga untuk proses edukasi yang nantinya bisa di jadikan sebuah gagasan menjadi entrepreneur.

Hal ini di buktikan oleh lembaga pendidikan di salah satu SDN di pelosok Kabupaten Tuban yaitu SDN Glagahsari memiliki sebuah ide dan gagasan yang sangat cemerlang yaitu melaksanakan program pendidikan lifeskil yang mengarah ke entrepreneurship berupa pengolahan kripik daun jambu merah.

Saat ditemui awak mediapantura.com pada hari Sabtu (1/08/2020) Kepala SDN Glagahsari Oktian Ika Ardhiani,S.Pd mengatakan bahwa program lifeskil ini sudah mendapatkan apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak terutama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Drs. Nur Khamid M,Pd yang berharap program semacam lifeskil seperti di SDN Glagahsari Bisa di tiru oleh lembaga Pendidikan yang lain agar nantinya bisa membekali siswa-siswi belajar entrepreneur sejak dini.

“Hari ini dibutuhkan inovasi dan kreativitas dari masing-masing lembaga mempunyai ciri khas tersendiri serta mnapu menerapkan maksut dan tujuan dari program pendidikan berkarakter<" ucap Kadisdik. Pendidikan lifeskill yang dilaksanakan SDN Glagahsari berdasarkan arah kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) diantaranya adalah melakukan kajian dan revisi kurikulum pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada pembentukan kreativitas dan kewirausahaan. Untuk kemudian diimplementasikan kepada anak didik sedini mungkin. Arah kebijakan Kemdiknas lainnya adalah menciptakan akses pertukaran informasi dan pengetahuan ekonomi kreatif antar penyelenggara pendidikan. Selain itu, meningkatkan jumlah dan perbaikan kualitas lembaga pendidikan dan pelatihan formal dan informal, yang mendukung penciptaan insan kreatif dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Tujuan pendidikan lifeskill yang dilaksanakan SDN Glagahsari berusaha mewujudkan SDM yang unggul. SDM yang unggul adalah yang memiliki daya saing tinggi, inovatif, kreatif, dan mampu menghadapi segala tantangan yang ada melalui proses pendidikan yang kreatif di sekolah. Proses pendidikan yang kreatif inilah yang menghasilkan generasi yang kreatif, dinamis, dan inovatif yang mampu mengembangkan potensi ekonomi kreatif menjadi industri kreatif.

Perlu diketahui SDN Glagahsari terletak di Desa Glagahsari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, letak geografis Desa Glagahsari dikelillingi aliran bengawan Solo. Dengan Luas Wilayah Desa Glagahsari 110 Ha, dengan rincian tanah perkebunan belimbing dan jambu merah seluas 54.8 Ha.

Desa Glagahsari sejak dulu terkenal sebagai desa penghasil buah belimbing dan jambu merah, pada tahun 1985 mencapai puncak kejayannya dengan memperoleh penghargaan Kalpataru dari Presiden Indonesia yang pada waktu itu dijabat oleh Bapak Soeharto, selain itu juga mendapat Piagam Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tuban sebagai juara satu Pemanfatan Lingkungan Hidup dan juga ditingkat Propinsi Jawa Timur.

Dari jumlah penduduk desa Glagahsari yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani buah belimbing dan jambu merah tersebut, desa Glagahsari memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai desa wisata agar bisa  meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengangkat dan mepromosikan hasil pertanian (buah belimbing dan jambu biji merah). Dari lahan seluas 54,8 ha desa Glagahsari bisa menghasilkan  buah belimbing kurang lebih 100 ton/tahun dan 80 ton/tahun jambu biji dengan tiga kali masa panen tiap tahunnya.

Melihat hal tersebut, Kepala Sekolah melihat potensi tersebut dalam kaitan dengan kewirausahaan sekolah karena selama ini penduduk hanya memanfaatkan panen buah saja untuk peningkatan ekonominya. Oleh karena itu, sekolah berinisiatif membuat peluang usaha yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan warga Desa Glagahsari melalui kegiatan lifeskill kepada siswa berupa pembuatan keripik daun jambu merah.

Daun jambu merah sangat melimpah di lingkungan sekitar SDN Glagahsari. Bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa (Kepala Desa), sekolah mendapatkan bahan baku pembuatan keripik daun Jambu Merah dari warga sekitar sekolah.

Selain mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban program ini juga mendapatkan apresiasi dan dukungan dari pemangku kebijakan di Tingkat Desa yaitu kepala Desa Glagahsari mendukung program unggulan SDN Glagahsari berupa keripik daun jambu merah.

Proses pembuatan keripik daun jambu biji ini sangat mudah dan tidak lama, karena pembuatan keripik ini sama seperti membuat keripik lainnya, hanya saja bahan dasar yang digunakan adalah daun buah jambu merah.

Kasek Cantik Asal Bojonegoro juga memberikan tata cara pembuatan kripik daun Jambu merah beserta komposisi diantaranya:

Daun jambu biji merah yang masih muda
Minyak goreng
Tepung
Garam
Lada
Ketumbar
Bawang putih
Penyedap rasa
Air secukupnya
Cara Pembutan :
Cuci bersih daun jambu biji dengan air mengalir

Haluskan bumbu yang sudah di siapkan, kemudian masukkan bumbu ke dalam tepung.

Basahi daun jambu merah dengan air, masukkan dalam tepung kering, basahi lagi daun jambu merah kedalam air, dan masukkan lagi kedalam tepung kering.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng daun jambu yang telah dicampurkan adonan tersebut sampai matang.
Angkat lalu tiriskan. Kemas keripik daun jambu biji jika sudah tidak panas.

Kasek juga berharap dengan adanya program unggulan ini seluruh warga sekolah maupun masyarakat desa Glagahsari untuk ikut bergerak bersama-sama mengembangkan produksi secara massal agar nantinya mampu menopang pendapatan secara ekonomi di masyarakat sekitar.

Kasek juga menjelaskan produk daun jambu Merah ini harganya sangat ekonomis yaitu Rp 25.000 serta dalam sarana prasarana pemasaran pihaknya juga memanfaatkan kecanggihan Teknologi dan media online

Dia juga menyakini dengan dimulainya gagasan Seperti ini yang di perlukan gotong royong antara pihak Lembaga Pendidikan maupun Stokholder Terkait bisa menjadikan produk unggulan keripik daun jambu Merah menjadi Icon Desa Glagahsari serta akan menopang juga Pendapatan Asli Desa (PAD) dari sektor kuliner.

Dia juga menyelipkan sebuah pesan hal yang paling penting dan mendasar adalah bahwa produk unggulan harus mulai di rintis dan dijalankan sebagai usaha desa. Agar ekonomi warga desa semakin meningkat dan Desa Glagahsari maju pesat.

Penulis : OKTIAN IKA ARDHIANI,S.Pd
Kepala SDN Glagahsari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban