Home Wisata & Kuliner Ratu Bakery Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Ratu Bakery Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

50

Reporter : Ahmad Fauzi
Tuban, mediapantura.com – Wabah corona melumpuhkan sektor usaha, termasuk usaha kuliner terpukul. Banyak pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM), termasuk industri rumahan kelimpungan menghadapi bisnisnya yang terhambat bahkan mungkin tidak bakal selamat.

Lantas bagaimana jurus Sigit Wijaya salah satu pengusaha Ratu Bakery asal Desa Rengel dapat bertahan menghadapi badai akibat dampak pandemi Covid-19 ini?

Reporter mediapantura.com sempat bertemu dengan pengusaha muda ini pada Hari Sabtu (15/08/2020), ia bercerita banyak bagaimana dapat mempertahankan usaha yang dirintisnya di tengah situasi yang serba sulit, disaat semua sektor usaha tengah terpuruk akibat pandemi ini selain itu dia harus berpikir keras bagaimana mempertahankan karyawanya agar tetap bekerja, dan berpikir agar bisa menghidupi keluarganya.

Dia pun juga menceritakan bahwa usahanya sempat mengalami penurunan produksi mencapai 40-50 Kg atau tidak produksi mencapai 200 bakery dan ia harus memutar Langkah agar tetap bisa bertahan serta tidak ada satupun karyawan yang di rumahkan atau PHK.

Namun Alhamdulillah saat ini usahanya bersama karyawan di dua Outlet yang ia miliki sudah mulai mengalami kebanjiran orderan walaupun dengan jumlah pemesanan belum begitu signifikan.

Sigit pun juga memberikan beberapa kiat agar para pengusaha khususnya di bakery tetap berkembang diantaranya :

A.Kunci utamanya adalah optimis
B. Dia juga mengajak seluruh pengusaha bakery untuk saat ini memanfaatkan dunia digital atau online sebagai wahana promosi,
C. Tetap mengutamakan keselamatan kerja baik para karyawan maupun konsumen dengan mengutamakan mematuhi peraturan Pemerintah mengenai protokol pencegahan Covid-19 diantaranya menjaga jarak, memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, serta selalu menjaga kebersihan.
D.Mengatur jadwal karyawan dari jam kerja hingga libur agar tidak terjadi kerumunan saat bekerja
E.Memberikan varian baru agar para konsumen tetap tertarik dengan produk-produk Ratu Bakery

Sigit juga masih optimis pasca di berlakukan New Normal ini ia bersama istrinya memiliki obsesi usahanya akan bertambah meningkat serta di suatu saat Ratu bakery yang ia rintis sejak tahun 2012 Bisa berkembang pesat baik di pasar nasional hingga Go Internasional.