Home Peristiwa Polres Blora Amankan Pidato Kenegaraan Presiden Di Gedung DPRD Kabupaten Blora

Polres Blora Amankan Pidato Kenegaraan Presiden Di Gedung DPRD Kabupaten Blora

3

Blora, mediapantura.com – Sebanyak 57 personel Kepolisian Polres Blora ditambah Polsek Blora dibatu personil TNI Kodim 0721/Blora dan Satpol PP Kabupaten Blora, diturunkan untuk pengamanan sidang paripurna DPR RI dan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo yang digelar di Kompleks kantor DPRD Kabupaten Blora.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, S.I.K, M.H melalui Kabag Ops Kompol Zuwono mengatakan, personel yang disiapkan untuk mengamankan agenda nasional pidato kenegaraan tersebut berasal dari berbagai satuan fungsi yang ada di Polres Blora.

“Kami telah menyiapkan 57 personel pengamanan dari berbagai satuan fungsi seperti Sabhara, Reskrim, Intel dan Lalu Lintas guna memberikan rasa aman dan supaya agenda nasional pidato kenegaraan ini berjalan lancar.” Ujarnya.

Kabag Ops menerangkan bahwa puluhan personil tersebut dibagi menjadi tiga ring pengamanan. Ring pertama di dalam gedung DPRD yakni personil berseragam safari, ring kedua personil sabhara ditempatkan di sekitar area gedung DPRD, dan ketiga personil Lalu Lintas ditempatkan di depan gedung DPRD untuk mengatur arus lalu lintas.

“Kami telah tempatkan personil sesuai denan SOP dan tugas serta fungsinya masing-masing.” Katanya.

Sebelum dimualianya kegiatan seperti biasa tim sterilisasi dari Sat Sabhara Polres Blora dan Unit K9 telah melakukan sterilisasi mengecek seluruh area yang ada di gedung DPRD Kab. Blora. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya upaya terror yang dapat menggganggu keamanan dan kelancaran kegiatan kenegaraan tersebut.

“Kami tidak mau underistimite dengan situasi. Seluruh personil saya perintahkan untuk jaga ketat dan tidak semua orang diperkenankan bisa masuk kedalam area gedung DPRD Kab. Blora tanpa ID Card,” tambah Kompol Zuwono.

Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI 2019. Setelah itu, Jokowi akan membacakan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 pada Sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI.

Kemudian, Presiden juga akan berpidato dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya. Pidato itu disampaikan dalam rangka rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020.(waf/red)