Home Politik|Pemerintahan Perkuat Gotong Royong Untuk Kemanusiaan di Masa Pandemi Covid-19

Perkuat Gotong Royong Untuk Kemanusiaan di Masa Pandemi Covid-19

8

Bojonegoro, mediapantura.com – Dalam situasi Pandemi seperti sekarang ini kita mesti memperkuat rasa saling tolong menolong, bergotong royong untuk menangani kondisi masyarakat yang terpuruk akibat Pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan ketua Komunitas Jas Merah, Heriyanto saat pembukaan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Rumah Kebangsaan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (04/10/2020).

“Empati, solidaritas dan saling menjaga antar anggota masyarakat harus diintensifkan dalam menghadapi dampak sosial dan ekonomi Pandemi ini,” ujar Heri.

Sementara itu, anggota Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H mengatakan, bahwa masyarakat Indonesia memiliki jati diri yang kokoh terhadap kemanusiaan. Kita masih bisa melihat rasa saling peduli dan menguatkan, misalnya jika ada tetangga yang mengalami kesulitan kita pasti tergerak untuk menolong.

“Empati kita secara alamiah akan terpanggil untuk menolong. Itulah jati diri bangsa Indonesia, bangsa yang gemar tolong menolong dan bekerja sama. Inilah modal terkuat kita, sikap gotong royong skala besar bisa jadi modal menghadapi Covid-19,” tegas Anggota DPR RI daerah pemilihan Tuban – Bojonegoro itu.

Sementara itu, Bambang Sutriyono, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bojonegoro memaparkan kepada peserta sosialisasi, bahwa sesungguhnya pandemi ini adalah momentum untuk mempersatukan bangsa kita, sehingga sebenarnya tidak masuk akal jika ada banyak pihak yang berupaya memanfaatkan pandemi untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pandemi ini dapat dijadikan musuh bersama untuk memperkuat solidaritas sosial kita, sehingga kita tak mudah terpecah belah, bahkan justru semangat persatuan itu menjadi semakin relevan dibutuhkan,” tutur Bambang.(kh/red)