Home Politik|Pemerintahan PERINGATI HARI GURU NASIONAL DAN HUT PGRI, MAS BUPATI BERNOSTALGIA DI SMPN...

PERINGATI HARI GURU NASIONAL DAN HUT PGRI, MAS BUPATI BERNOSTALGIA DI SMPN 1 TUBAN

5

Reporter: Ahmad Fauzi

mediapantura.com, Tuban – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., hadiri peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di SMPN 1 Tuban, Senin (29/11/2021). Pada kesempatan ini, Bupati Tuban menyerahkan trofi dan piagam penghargaan kepada sejumlah siswa SMPN 1 Tuban atas prestasi yang diraih di tingkat kabupaten hingga internasional.

Hadir pula pada kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Nur Khamid, M.Pd., Kepala PGRI Tuban, Witono, M.Pd., Kepala SMPN 1 Tuban, Dra. Anik Winarni, M.Pd., jajaran guru dan siswa SMPN 1 Tuban.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan terima kasih atas ilmu dan pendidikan karakter yang diajarkan selama menempuh pendidikan di SMPN 1 Tuban. Banyak cerita manis dan kenangan yang terukir di SMPN 1 Tuban. Mulai dari kegiatan kesiswaan, kenakalan, bahkan kisah cinta monyet siswa.

“Saya masih mengingat guru-guru saya dan cerita yang ada. Terima kasih banyak bapak ibu guru,” ungkapnya.

Mas Bupati yang juga Alumni SMPN 1 Tuban tahun 2007 ini menyampaikan apresiasi kepada siswa atas berbagai prestasi yang ditorehkan. Pencapaian tersebut mampu mengharumkan nama sekolah maupun Kabupaten Tuban. Selain menimba ilmu pengetahuan, siswa diharapkan memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya. Juga terus menggali potensi diri dengan tetap dengan tidak bersikap jumawa. “Sampai kapanpun saya tetap murid panjenengan. Tolong berikan saya saran dan nasihat karena saya murid bapak ibu sekalian,” tuturnya.

Mas Bupati menerangkan Pemkab Tuban terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru honorer. Pemkab Tuban intens berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional perihal rekrutmen CPNS maupun PPPK. Kesempatan ini hendaknya dapat dimanfaatkan guru honorer agar dapat meningkatkan kesejahteraan guru.

Tidak hanya itu, Dinas Pendidikan, PGRI Tuban dan lembaga pendidikan diminta agar dapat mengembangkan soft skill siswa, baik melalui kurikulum pendidikan maupun kegiatan ekstrakurikuler. Tujuannya, agar siswa tidak hanya menguasai akademik, tetapi juga dibekali kemampuan teknis. “Seperti public speaking, fotografi, penguasaan bahasa asing, maupun kompetensi lainnya,” sambungnya.

Pada kesempatan ini, Mas Bupati menekankan agar penerapan protokol kesehatan diutamakan ketika pembelajaran tatap muka terbatas berlangsung. Komite sekolah diminta terlibat mengedukasi wali murid perihal pentingnya vaksinasi bagi siswa.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Tuban, Dra. Anik Winarni, M.Pd., mengatakan bahwa Mas Bupati Tuban merupakan lulusan terbaik SMPN 1 Tuban tahun 2007. Prestasi yang diraih saat itu menjadi pondasi penting atas apa yang dicapai Mas Bupati Tuban saat ini. “Mas Bupati menjadi teladan bagi siswa SMPN 1 Tuban,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya senantiasa mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi. Siswa juga diberikan kesempatan untuk memaksimalkan potensi dan minat. Kreasi yang diciptakan siswa diwadahi pihak sekolah dengan disediakannya wahana ekspresi siswa.

Anik Winarni menambahkan SMPN 1 Tuban menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan muridnya. Meski demikian, konsep pengajaran tetap mempertahankan standarisasi sekolah berstandar nasional. Kearifan lokal dan budaya luhur khas kabupaten Tuban turut dimasukkan guna menunjang pembentukan karakter siswa. “Harapannya, dapat menjadi sekolah rujukan dan percontohan bagi sekolah lainnya,” ujarnya.

Bupati Tuban didampingi Kepala Dispendik Tuban dan Kepala dan guru SMPN 1 Tuban berkeliling kawasan sekolah. Mas Bupati menyempatkan berdialog dan meninjau pameran karya siswa di tiap kelas. (*)