Home Kegiatan Masyarakat PERADI Beri Pembekalan 1.500 Advokat

PERADI Beri Pembekalan 1.500 Advokat

34

mediapantura.com, Surabaya – Peradi (Perhimpunan Advokad Indonesia) Jawa Timur melaksanakan pengangkatan dan pengambilan sumpah atau janji advokat di wilayah Pengadilan Tinggi Surabaya, pada hari Selasa (04/01/2022) pukul 12.00 wib.

Acara ini digelar di Gedung Graha Samudra Bumimoro yang beralokasikan di Kobangdikal TNI AL jalan Morokrembangan Surabaya ini di hadiri tidak kurang dari 1500 orang Advokat Peradi seluruh Jawa Timur.

Hadir juga Jajaran Pengurus dan anggota Peradi Kabupaten Bojonegoro yang langsung dipimpin Ketua Peradi Bojonegoro Mochammad Mansur SH. MH., Yang menyampaikan bahwa pihaknya datang secara bersama sama dengan pengurus dan anggota guna menghadiri pelantikkan oleh Peradi Jatim.

“Acara ini di gelar dalam rangka Pencatatan Rekor MURI Pembekalan Advokat terbanyak dengan target minimal peserta 1500 orang Advokat di wilayah Pengadilan Tinggi Surabaya, sekaligus Pelantikan 12 Pengurus baru DPC PERADI Jawa Timur,” ungkap Mansur.

Sementara itu dari hasil wawancara Pengurus Peradi Bojonegoro, Pinto Utomo, SH., MH, menyampaikan bahwa dalam acara ini juga di hadiri oleh ketua umum DPN Peradi Prof. Otto Hasibuan, S.H.,M.M, Sekretaris Jenderal DPN Peradi DR. H. Hermansyah Dulaimi, S.H.,M.H., Ketua Harian DPN Peradi DR. R.Dwoyanto, S.H.,M.H., serta Pimpinan Korwil Peradi Jatim dan seluruh DPC Peradi se-Jawa Timur.

“Selain itu kita diberikan pembekalan supaya para Advokat baru bisa memahami tugas dan fungsinya sebagai Advokat serta berpegang teguh pada kode etik Advokad,” Ujar Pinto.

Dijelaskan juga oleh Pinto, bahwa Karena Advokat adalah sebagai Penegak Hukum yang kedudukan nya sama dengan Penegak hukum yang lain bersama Polri, Jaksa dan Hakim ( catur wangsa penegak hukum).

“Selain itu dalam menjalankan tugas sebagai Advokat, perilaku Advokat juga akan di awasi oleh masyarakat sehingga harapannya tidak ada Advokat yang berperilaku menyimpang dari Norma-norma hukum yang ada di masyarakat,” Tambahnya.

Dalam pantauan media siber SuaraBojonegoro.com yang dilokasi, dalam Prosesi pelantikan ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPN Peradi Otto Hasibuan, S, H.,M.M. Dalam acara yang mengangkat tema ‘Pencatatat rekor muri pembekalan advokat terbanyak’ Otto Hasibuan kagum pada kepengurusan Peradi Jawa timur yang banyak diisi advokat muda.

Dewan Pimpinan Cabang Peradi se-Jawa Timur ini merupakan salah satu pengurus cabang yang cukup dinamis. ‘Saya sangat bangga banyak generasi baru masih muda-muda,” kata Otto Hasibuan.

Otto berpesan, agar kedepannya seluruh Peradi di manapun, senantiasa menjaga sportivitas dalam melaksanakan kerja-kerja advokat. Utamanya, untuk menjaga marwah organisasi Peradi.

“Saya berharap mereka betul-betul menjaga sportivitas, terutama organisasi advokat Peradi yang sudah sah menurut MA. Ini sangat menguatkan pengurus Peradi, mudah-mudahan dengan adanya keputusan MA kita yang sah. Harapan kita pengurus lebih percaya diri melaksanakan tugas dan profesinya,” tuturnya. (*)