Home sosial Pemdes Drajat Realisasikan BKKD 2021 Dengan Rigit Beton Jalan Poros Desa

Pemdes Drajat Realisasikan BKKD 2021 Dengan Rigit Beton Jalan Poros Desa

31

Mediapntura.com, Bojonegoro – Melalui dana Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) yang bersumber dari APBD tahun 2021, Pemerintah Desa Drajat, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, sukses selesaikan pembangunan rigit beton jalan poros Desa tahap I (pertama) dan untuk yang ditahap II (kedua) saat ini lagi dalam proses pengerjaan.

Pembangunan jalan poros Desa tersebut mendapat apresiasi dari warga Desa Drajat, serta berdampak sangat positif untuk mereka, karena jalan tersebut dimanfaatkan warga mulai dari ke sawah, sekolah, pasar, pabrik yang berada di Desa tetangga dan aktivitas yang lainnya.

Hal ini dirasakan oleh Imam warga Dusun Mantup, Desa Drajat yang punya usaha warung kopi, ia menuturkan berkat pengecoran jalan yang melintas depan rumahnya sekarang aktivitasnya lebih nyaman dan juga menambah omset penghasilannya, Imam juga menjelaskan dampak dari perbaikan jalan poros Desa ini bukan hanya dirasakan oleh masyarakat Desa Drajat saja, tapi juga warga dari Desa lain yang berbatasan dengan Desanya.

“Saya ini pedagang, hampir setiap hari belanja kebutuhan warung ke pasar Boureno, dengan diperbaikinya jalan poros Desa ini, bisa mempersingkat dan memperlancar perjalanan. Kalau dulu mau ke pasar Baureno harus mutar lewat Pohwates yang membutuhkan waktu lama, sekarang dengan diperbaiki jalan poros Desa ini tidak mutar lagi, jadi lebih hemat waktu dan mungkin lebih irit bensin. Jalan ini juga dilewati karyawan pabrik rokok yang ada di Desa tetangga, secara otomatis akan meminimalisir terjadinya kecelakaan, karena para karyawan tidak usah melewati jalan raya yang banyak kendaraan besar,” jelasnya.

Selain Imam, hal senada juga diungkapkan oleh Ngadenan warga Desa setempat yang berprofesi sebagai petani, ia menjelaskan dengan diperbaikinya jalan poros Desa tersebut bisa meringankan biaya angkut hasil panen sawahnya.

“Dulu sebelum jalan ini di cor, saat musim hujan sewaktu panen, petani sangat susah. Sekarang jalannya sudah bagus sehingga hasil panen dari sawah langsung bisa diangkut mobil untuk dibawa pulang, dan otomatis lebih irit ongkos dan waktu, jadi hasil untung pertanian juga lebih banyak,” tuturnya.

Kepala Desa Drajat Jum’adi Molyono S.H. berharap, dengan pembangunan rigit beton jalan poros Desa tahap pertama dan kedua sepanjang 790 meter lebar 4 meter yang berlokasi di Dusun Mantup, Desa Drajat ini bisa memperlancar mobilitas warga, sehingga berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

“Selain harus sesuai dari arahan Ibu Bupati, bahwa yang diperbaiki adalah jalan Poros antar Desa, dulu jalan ini adalah paving yang sudah rusak parah, di saat musim penghujan susah untuk dilalui warga,” ucapnya.

Selain itu lanjut Kades, lokasi jalan poros Desa tersebut adalah prioritas Pemdes Drajat sejak lama, karena sudah sangat parah sekali rusaknya, ia menceritakan selain menjadi penghubung antar Desa, jalan tersebut sebagai akses warga untuk kesawah.

“Dengan diperbaikinya jalan ini, berharap bisa memperlancar aktivitas warga kesawah serta menunjang perekonomian. Saya mewakili masyarakat Desa Drajat mengucapkan terimakasih kepada Ibu Bupati yang telah memberi Desa kami BKKD, karena sangat memberi manfaat bagi masyarakat, semoga ditahun berikutnya bisa dapat lagi, karena jalan poros Desa Drajat ini sangat panjang dan masih banyak yang rusak,” kata Kepala Desa Drajat. (Rico/Red)