Home Politik|Pemerintahan Peduli Sanitasi Masyarakat Desa, Menteri Ketenagakerjaan RI dan Menteri Desa ,PDT, Transmigrasi...

Peduli Sanitasi Masyarakat Desa, Menteri Ketenagakerjaan RI dan Menteri Desa ,PDT, Transmigrasi RI Serahkan Bantuan Program Padat Karya Sanitasi Lingkungan

22

Reporter : Ahmad Fauzi

Tuban, mediapantura.com – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziah Bersama Menteri Desa, PDT,dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyerahkan langsung Secara Simbolis Bantuan Program padat karya sanitasi lingkungan di Desa Pandanagung Kecamatan Soko, Sabtu (24/10/2020).

Kedatangan Dua Menteri di desa pandanagung di Sambut langsung Oleh Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein,Ketua DPRD kabupaten Tuban Miyadi, Forkopimca Kecamatan Soko.

Wabup Tuban Ir Noor Nahar Hussein saat memberikan Ucapan Selamat Datang di Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban mengucapkan Banyak Terimakasih atas support yang di berikan oleh Pemerintah Pusat khususnya di kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Desa,PDT dan Transmigrasi yang sudah memberikan bantuan kepada masyarakat Di kecamatan Soko Berupa Jaring Pengaman Sosial padat Karya Sanitasi lingkungan.

Wabup Tuban juga mengutarakan bahwa Potensi di kecamatan Soko banyak mulai dari pertanian maupun UMKM jadi pantas Kecamatan Soko mendapatkan Program Bantuan Jaring pengamanan Sosial di tengah Pandemi Covid-19.

Selain itu di hadapan Ke dua Menteri Wabup juga menjelaskan Terkait komitmen Pemerintah Kabupaten Tuban dalam upaya penanganan Covid-19 yaitu juga sudah siap menggelontorkan anggaran Sebesar 8 Milyar yang juga Berupa Jaring Pengaman Sosial ( JPS) di Seluruh Desa di kabupaten Tuban.

Abdul Halim Iskandar atau yang biasa di sapa Gus menteri menuturkan bahwa ini merupakan program Terobosan yang berbasis integrasi bersama antara Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Desa dalam Upaya meningkatkan kualitas baik sumberdaya manusia, Pendidikan, Ekonomi yang berbasis padat karya di masyarakat pedesaan.

Menteri asala Jawa timur juga menyampaikan bahwasanya Program jaring pengaman Sosial berupa JPS yaitu padat karya sanitasi lingkungan nantinya akan juga di laksanakan di beberapa desa di Indonesia dan di mulai program ini dari kabupaten Pekalongan dan di lanjutkan di kabupaten Tuban pada sore hari ini.

Kemnaker RI, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa dimasa pandemi Covid-19 selain progam kartu Prakerja dengan alokasi Rp 20 triliun. Pemerintah pusat juga telah anggarkan Rp 500 miliar terhadap alokasi pekerja formal dan informal yang saat ini membutuhkan kehadiran pemerintah.

“Ada alokasi Rp 500 miliar lewat JPS progam padat karya baik infrastruktur atau padat karya produktif. Hari ini kami serahkan padat karya produktif sanitasi lingkungan dan air untuk masyarakat desa,” ungkapnya.

Selain bantuan padat karya produktif, dalam kunjungan kerja, Ida Fauziyah juga menyerahkan simbolis bantuan JPS untuk masyarakat desa perwakilan Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan dan Kabupten Gresik, Jawa Timur, agar tepat sasaran.

“Kalau data 74 ribu desa akan tetapi yang kami bantu adalah desa-desa yang membutuhkan sanitasi lingkungan agar lingkungan semakin sehat,” imbuh Menaker Ida dalam sambutannya.

Setelah Menyerahkan Langsung Bantuan Kepada masyarakat penerima Program Menteri yang berasal dari Partai PKB ini juga. Melaksanakan peletakan Batu Pertama untuk pembangunan Sarana prasana sanitasi lingkungan yang berada di lapangan Sepakbola Desa Pandanagung yang di dampingi Wabup Tuban, Ketua DPRD kabupaten Tuban,Camat Soko , Kepala Desa Pandanagung.(Af)