Home Peristiwa Menag Resmikan IAINU Tuban

Menag Resmikan IAINU Tuban

32

Tuban, mediapantura.com – Menteri Agama, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi meresmikan peningkatan status Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makdum Ibrahim (STITMA) Tuban Jawa Timur menjadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban. Selain Menag acara ini di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Sekretaris Menteri Agama, Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim, Kabid PD. Pontren Kanwil, Kakankemenag Tuban, Dinas Instansi terkait dan PCNU kabupaten Tuban.

Menteri Agama dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tuban yang telah bersinergi dengan sangat baik dan banyak membantu kegiatan Kemenag Tuban. Selain itu juga menjelaskan peningkatan status menjadi IAINU memiliki arti tanggung jawab yang semakin besar berada di pundak civitas akademika IAINU Tuban.  Menag mengajak segenap civitas akademika dan mahasiswa untuk menjadikan IAINU Tuban sebagai tempat pengamalan ajaran agama.

“Peran perguruan tinggi Islam menjadi sangat penting dengan adanya paham radikalisme. Oleh karena itu saya setuju dengan Islam Nusantara, karena itu gabungan dari NU, Santri dan Tentara,” ujarnya dan di sambut gelak tawa hadirin.

Menteri Agama juga menyebut bahwa ulama peletak Islam di Indonesia, harus diikuti visi dan misi oleh masyarakat di Indonesia. Selain itu beliau juga menyinggung moderasi beragama.

“Moderasi beragama berarti mengajarkan agama bukan hanya untuk membentuk individu yang saleh secara personal, tetapi juga mampu menjadikan paham agamanya sebagai instrumen untuk menghargai umat agama lain. Cara kita bergaul dengan umat beragama itu yg dimaksud moderasi beragama,” jelasnya.

Ditemui secara terpisah Kakankemenag Tuban, Drs. Sahid, MM, mengucapkan selamat kepada STITMA yang telah berubah menjadi IAINU Tuban, semoga dengan peningkatan status ini membuat IAINU bisa mengembangkan potensi akademik sehingga bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat Tuban.
Harapannya, setelah menjadi IAINU nanti akan melakukan pengurusan lagi agar bisa berubah sebagai Universitas NU.

Kunjungan Menteri Agama ke Tuban ini, selain peresmian IAINU juga silaturrahim ke pondok pesantren Sunan Bejagung Pimpinan KH. Abdul Matin Jawahir dan dilanjutkan ke maqam Sunan Bonang Tuban. (af/lai/red)