Home Peristiwa Masuki Tahapan Pilkades Sumbertlaseh, Panitia Dan Pengawas Pilkades Disumpah

Masuki Tahapan Pilkades Sumbertlaseh, Panitia Dan Pengawas Pilkades Disumpah

61

mediapantura.com, Bojonegoro – Memasuki tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang pertama tahun 2022 di Kabupaten Bojonegoro, sejumlah Desa yang akan mengadakan Pilkades sudah melakukan mempersiapkan. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sumbertlaseh Kecamatan Dander.

Desa Sumbertlaseh ini merupakan Desa satu satunya yang berada di Kecamatan Dander yang tahun ini akan menggelar Pilkades gelombang pertama. Dari agenda Pilkades serentak, Pemdes Sumbertlaseh melakukan musyawarah untuk pembentukan dan pelantikan Panitia Pilkades beserta Pengawas Pilkades, Kamis, (16/06/2022).

“Dalam rangka pembentukan dan pelantikan panitia Pilkades serta Pengawas Pilkades di Desa Sumbertlaseh ini, kami mewakili Anggota BPD berharap kepada Panitia Pilkades dan Pengawas Pilkades yang dibentuk ini untuk menjaga kenetralan agar Pilkades berjalan lancar dan aman,” ucap Ketua BPD Desa Sumbertlaseh, Abdul Jalil.

Sementara itu, Nurali selaku Kepala Desa Sumbertlaseh berpesan kepada panitia dan pengawas yang akan dibentuk dan dilantik serta disumpah bisa bekerja dengan penuh amanah. Selaku Panitia dan Pengawas harus netral agar tak menimbulkan masalah.

“Selaku Panitia dan Pengawas Pilkades harus bekerja sesuai dengan keinginan masyarakat Sumbertlaseh. Saya selaku Kades dan mewakili Pemdes Sumbertlaseh mengucapkan terimakasih dan mohon maaf jika selama ini ada kekurangan saat melayani masyarakat”, ujar Kades Sumbertlaseh.

Ditempat yang sama, Hariyanto selaku Camat Dander, memberikan penjelasan perihal Teknis Pilkades serentak gelombang pertama tahun 2022. Sebab Pilkades tahun ini ada Pengawas Pilkades, sedangkan Pilkades tahun lalu hanya ada Panitia Pilkades.

“Menurut aturan yang baru bahwa Tempat Pemungutan Suara (TPS) tak hanya di balai desa. Tetapi TPS akan menyebar. Untuk tiap TPS maksimal 500 suara pemilih tidak boleh lebih, kalau menetapkan daftar pemilih nanti sekalian menetapkan TPS juga”, pungkas Camat Dander. (pur/red)