Home Politik|Pemerintahan Masuk Masa Tenang Pilkades, Ini Himbauan Kapolres Bojonegoro

Masuk Masa Tenang Pilkades, Ini Himbauan Kapolres Bojonegoro

19

Bojonegoro, mediapantura.com – Operasi Mantap Praja Angling Dharma 2020, memasuki tahapan masa tenang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III Tahun 2020 di Kabupaten Bojonegoro, akan dimulai pada Jumat (14/02/2020) hingga Selasa (18/02/2020).

Berkaitan hal tersebut, Kapolres Bojonegoro, AKPB M Budi Hendrawan, SIK, MH, mengimbau kepada para calon kepala desa berikut tim sukses atau tim pemenangan calon kepala desa (Cakades), untuk dapat mengendalikan massanya dan tidak melakukan kampanye terselubung selama masa hari tenang tersebut.

Kapolres juga menghimbau kepada para calon kepala desa berikut tim suksesnya dan seluruh masyarakat di Kabupaten Bojonegoro, untuk tetap menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif, baik sebelum, saat pencoblosan hingga saat pengumuman kepala desa terpilih nantinya.

“Para Cakades harus bisa mengendalikan diri dan pendukungnya. Yang terpilih jangan jumawa alias sombong, yang kalah harus berbesar hati dan legowo. Apapun hasil dari pilkades ini, kita harus tetap jaga seduluran. Yang membuat ribut ataupun kerusuhan berarti tidak cinta dengan desanya,” tutur Pria kelahiran Bojonegoro, Sabtu (15/02/2020) saat ditemui awak media ini di Mapolres Bojonegoro.

Sejauh ini, situasi Bojonegoro tetap aman dan kondusif, keadaan ini menurut Kapolres harus terus dijaga sehingga semua pentahapan Pilkades selesai berjalan aman dan lancar sampai pelantikan yang nantinya akan berlangsung sekitar bulan Juni 2020. Sedangkan masa tenang ini dari pihak panitia Pilkades, sudah membersihkan atribut baik baliho, banner atau foto cakades.

Meski ada beberapa desa yang ada potensi kerawanan, polisi telah melakukan pemetaan dan pengawasan lebih intens dengan menempatkan pasukan lebih banyak agar tidak terjadi konflik sosial di masyarakat saat pelaksanaan pilkades nanti. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III Tahun 2020 di Kabupaten Bojonegoro akan digelar pada Rabu (19/02/2020) mendatang dan sebanyak 233 desa di 28 kecamatan akan menggelar pilkades secara bersamaan.

“Sekali lagi, saya mengimbau, agar para calon kades dan pendukungnya menahan diri untuk tidak melakukan kampanye di masa tenang dalam bentuk apa pun. Untuk daerah rawan sudah kita tempatkan personel tertutup dan terbuka untuk mengantisipasi gesekan antar pendukung,” pungkas Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan. (waf/red)