Home Peristiwa Kompak !!! Tiga Pilar Desa Sumuragung Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Tempat Umum

Kompak !!! Tiga Pilar Desa Sumuragung Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Tempat Umum

59

Bojonegoro, mediapantura.com – Pemerintah Desa Sumuragung, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, melakukan penyemprotan desinfektan, Rabu (25/3/2020). Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Kegiatan ini menindak lanjuti Surat Keputusan Bupati Bojonegoro Nomor : 188/109/KEP/412.013/2020 Tentang Gugus Tugas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Tingkat Desa di Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Desa Sumuragung, Bambang Gunawan, saat ditemui mediapantura.com di lokasi, menyampaikan bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) Sumuragung sudah membentuk Gugus Tugas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di tingkat desa. Dengan dikeluarkan Surat Keputusan Kepala Desa Sumuragung
Nomor : 141/10/KEP/412.51.4.2021/2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, yang di dalamnya terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Satlinmas Desa, dan bermitra dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Sumuragung, serta Bidan Desa.

“Pemdes Sumuragung sudah menindak lanjuti perintah dari Pemkab Bojonegoro tentang pembentukan Gugus Tugas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di tingkat desa,” jelas Kades Sumuragung.

Menurut, Bambang Gunawan, menyampaikan Tiga Pilar Desa Sumuragung dan Bidan Desa Sumuragung melakukan penyemprotan cairan desinfektan di tempat umum yang ada di Desa Sumuragung seperti masjid, bank, pertokoan dan warung. Kegiatan ini merupakan upaya pencegahan Virus Corona. Dengan kegiatan penyemprotan ini khususnya warga masyarakat Desa Sumuragung mengerti dan memahami situasi saat ini.

Lanjut dia, selain melakukan penyemprotan cairan desinfektan di tempat umum, Pemdes Sumuragung juga didampingi Babhinkamtibmas, Babinsa dan Bidan Desa Sumuragung, juga melakukan sosialisasi penanganan dan pencegahan Virus Corona kepada warga masyarakat Desa Sumuragung, dilanjutkan dengan pendataan, kunjungan, dan pemeriksaan kepada warga masyarakat yang datang dari luar kota atau luar negeri.

“Kita juga lakukan sosialisasi tentang Covid-19 kepada warga Desa Sumuragung dan pendataan kepada warga yang baru datang bepergian dari luar kota atau luar negeri. Kita data dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh Bidan Desa,’ kata Bambang Gunawan.

Dengan adanya Gugus Tugas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di tingkat desa, Pemdes Sumuragung akan melakukan penyemprotan cairan desinfektan setiap tiga hari sekali dengan penambahan sasaran penyemprotan cairan desinfektan ke rumah warga masyarakat Desa Sumuragung.

“Pemdes Sumuragung berupaya untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona ini. Kita himbau kepada warga masyarakat Desa Sumuragung tetap menjaga kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat dan bagi pelaku usaha baik toko, warung kopi agar mentaati aturan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, agar tutup jam 22.00 WIB untuk meminimalisir penyebaran virus, semua itu untuk kebaikan bersama,” pungkas Kades Sumuragung.(waf/red)