Home Pendidikan KKN Bhaktimu Negeri Desa Sugihwaras Ajak Pemuda Kembangankan Industri Kreatif di Desa

KKN Bhaktimu Negeri Desa Sugihwaras Ajak Pemuda Kembangankan Industri Kreatif di Desa

92

Reporter : Ahmad Fauzi

Tuban, mediapantura.com – KKN PKK Bhaktimu Negeri Desa Sugihwaras, Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban gandeng pemuda Desa Sugihwaras untuk kembagankan industri kreatif. Melihat perkembangan dunia industri kreatif terutama skala UMK.

Masyarakat Desa sugihwaras yang terletak pada di pojok Kabupaten Tuban ini memang rata2 masyarakat berprofesi sebagai petani dan peternak sapi, namun kepemilikan lahan yang kurang luas juga hutan masyarakat yang kurang juga membuat pemaksimalan pada potensi pertanian dan peternakan terkendala pada faktor fundamental tersebut.

Belum lagi persoalan urbanisasi yang begitu massif terutama para pemuda desa menjadi persoalan tersendiri bagi daerah, karena memang lapangan kerja di dserah minim dan rejuvenasi teknologi dan teknik pertanian yang belum maksimal menjadi masalah.

Melihat power potensi dan weakness daerah KKN PMM Bhaktimu Negeri di Desa Sugihwaras yang beranggotakan 3 orang yaitu Munif, Andhika dan ijal berinisiatif untuk menggalakan industrinkreatif di skala desa, Karena memang potensi secara kuantitas pemuda desa cukup banyak, dan potensi industri kretif yang masih begitu luas sangat cocok dikembangkan di desa ini, sehingga persoalan seperti urbanisasi dan pengangguran harapanya dapat tertanggulangi.

“Masih begitu luas lahan untuk industri kreatif, hal ini dapat kita lihat beberapa data di terdahulu di booklet Bekraf RI, yang nanti dapat dibentuk pada skala desa dengan kearifan gotong royong yang kental, harapan besarnya dalam jangka panjang dapat menjadi alternatif penopang ekonomi masyarakat khusunya pemuda,” tandas Munif salah satu anggota KKN Bhaktimu Negeri UMM.

pembahasan pada sosialisasi awal ini adalah bertujuan untuk membangun paradigam pemuda tentang potensi industri kreatif lalu akan membentuk gerakan one village one community, yang nantinya sebagai basis gerakan ekonomi kreatif di desa sugihwaras.(Af)