Home Politik|Pemerintahan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban Lakukan Monitoring Data Penerima BLT DD...

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban Lakukan Monitoring Data Penerima BLT DD Desa Sumberagung

66

Reporter : Ahmad Fauzi

Tuban, mediapantura.com – Dalam rangka memastikan Data Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang Berasal Dari Dana Desa (DD) ,Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban Hj. Tri Astuti Turun langsung ke Desa Sumberagung Kecamatan Plumpang untuk memastikan Kesiapan pencarian BLT DD, Selasa (19/05/2020).

Kades Sumberagung Narto menyampaikan bahwa Desa Sumberagung Kecamatan Plumpang telah menyiapkan Penerima BLT DD ada 177 KK serta akan dicairkan pada hari Kamis ini dan memastikan bahwa para penerima BLT DD ini akan menerima Uang Tunai sesuai aturan pemerintah yaitu 600 ribu.

“Ada 177 KK yang menerima BLT-DD, besar uang yang diterima Rp. 600 ribu,” kata Kades.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD kabupaten Tuban berharap adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang di alokasikan melalui Dana Desa ini bisa membantu meringankan masyarakat miskin yang tidak menerima bantuan dari BPNT, Bansos, PKH serta bantuan lainnya.

Sasaran dari BLT -DD ini adalah masyarakat miskin ,orang sakit kronis bertahun tahun dan kehilangan pekerjaan akibat pandemi covid -19 ini. Sesuai Perpu Nomor 1 Tahun 2020 dan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020.

“Perlu di ketahui pendataan warga yang berhak menerima BLT DD dilakukan oleh relawan Desa Lawan Covid-19. Pendataan dilakukan di RT dan RW. Setelah itu dimusyawarahkan untuk kemudian datanya divalidasi,” papar Politisi asal Plumpang ini.

Untuk proses selanjutnya dilakukan finalisasi untuk kemudian ditetapkan data Kepala Keluarga yang berhak menerima BLT DD.

“Legalitas penetapan data KK penerima BLT DD harus ditandatangani Kelapa Desa. Dari Desa diserahkan kepada Bupati dan Camat untuk kemudian disyahkan,” tandas Kades Sumberagung.

Desa dapat menyerahkan langsung bantuan tanpa menunggu pengesahan. Hanya saja, dokumen berisi data calon penerima bantuan sudah diserahkan kepada Bupati dan sudah melebihi 5 hari kerja.

Desa sumberagung rencananya akan menyalurkan bantuannya secara tunai tidak melalui Bank, maka saya berpesan agar Kaur atau Kasi yang menyerahkan dana bantuan kepada penerima saat penyaluran bantuan tetap harus menerapkan protokol Covid-19.

“Saat penyaluran BLT DD tunai maka wajib jaga jarak dan ada sistem antrian yang aman. Juga memakai masker dan hand sanitizer,” Papar wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra Di DPRD Kabupaten Tuban. ( Af)