Home Peristiwa Kapolres Blora Perintahkan Kapolsek Jajaran Cek Persiapan pengamanan Pilkades

Kapolres Blora Perintahkan Kapolsek Jajaran Cek Persiapan pengamanan Pilkades

5

Blora, mediapantura.com – Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, S.I.K, M.H memerintahakan kepada seluruh Kapolsek jajaran agar melaksanakan monitor atau sidak persiapan pengamanan pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2019. Pantauan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Pilkades pada hari Minggu tanggal 04 besok di 242 desa berjalan lancar.

Seleruh personil yang terlibat pengamanan TPS diperintahkan untuk langsung bergeser ke masing-masing desa dan memastikan kesiapan panitia Pilkades maupun TPS.

“Kapolsek harus control dan bertanggungjawab di wilayahnya masing-masing terkait kesiapan pengamanan Pilkades,” ujar AKBP Anang, Sabtu (03/07).

Nampak personil Kapolisian bersama TNI telah melakukan pengecekan kesiapan bilik suara, surat suara dan berkordinasi dengan panitia pelaksaan Pilkades agar pesta demokrasi tingkat desa ini berjalan lancar.

“Pengamanan setiap tahapan sudah berjalan sesuai dengan SOP,” imbuh Kapolres.

Sementara itu Kabag Ops Kompol Zuwono mengatakan tak hanya pengecekan TPS juga pengamanan antar pendukung masing-masing calon kades menjadi perhatian. Untuk masing-masing pendukung calon kades akan dipisahkan tempatnya untuk menghindari kemungkinan adanya konflik.

“Anggota yang dilapangan sudah harus cepat orientasi, memahami tugas dan kondisi wilayah tempat bertugas. Pemisahan antar pendukung cakades ini untuk mengantisipasi adanya kejadian konflik antar pendukung. Sehingga diharapkan akan mudah dikendalikan aparat keamanan,” jelasnya.

Diharapkan personil Polres Blora yang bertugas pengamanan Pilkades diharapkan mampu merangkul masyarakat serta menyampaikan pesan agar tetap mengutamakan kerukunan dan persatuan. Kalah atau menang calon yang didukung jangan sampai membuat masyarakat terpecah belah.

Jika tidak puas, bisa disampaikan melalui saluran yang telah ditetapkan dengan tetap mengedepankan kesejukan dan kedamaian di tengah masyarakat.

“Setelah tahapan pemungutan dilanjutkan penghitungan perolehan suara. Tahapan ini yang paling krusial karena yang menentukan siapa yang akan menjadi kades terpilih. Oleh karenanya saya minta kepada seluruh masyarakat agar tetap bersama-sama menjaga kerukunan, kesejukan dan kedamaian,” pungkas Kabag Ops.(waf/adm)