Home Hukum|Kriminal Jelang PAM TPS Pilkada 2020, 53 Anggota Polsek Cepu Di Swab Test

Jelang PAM TPS Pilkada 2020, 53 Anggota Polsek Cepu Di Swab Test

7

Blora, mediapantura.com – Untuk antisipasi munculnya kluster baru dalam pemungutan suara Pilkada 2020 kabupaten Blora, Anggota Polres Blora Polda Jawa Tengah secara bergilir di Swab Test oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Terkini, sebanyak 53 anggota Polsek Cepu di Swab Test oleh petugas medis dari Puskesmas Cepu, Rabu, (25/11/2020).

Sesuai dengan Instruksi dari Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK,M.Hum bahwa menyikapi ketentuan KPU pusat dimana seluruh stake holder penyelenggara Pilkada, termasuk anggota Polri sebagai aparat keamanan harus steril dari Covid-19. Untuk itulah seluruh anggota Polres Blora terutama yang terlibat pengamanan tahap pemungutan suara akan di Swab Test.

Adapun pelaksanaan Swab Test tersebut adalah kerja sama Polres Blora bersama Dinas Kesehatan dan untuk teknis pelaksanaannya di lakukan di wilayah Polsek masing masing.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK,M.Hum melalui Kapolsek Cepu AKP Agus Budiana,SH mengungkapkan bahwa hari ini ada 53 anggota Polsek Cepu yang di Swab Test dan untuk hasilnya akan keluar beberapa hari kedepan.

“Swab Test ini adalah untuk persiapan Pengamanan Pilkada 2020, dimana anggota yang nantinya akan ditugaskan saat pengamanan pemungutan suara di TPS harus sehat dan negatif Covid-19,” ungkap AKP Agus Budiana.

Selain memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan anggota, petugas yang akan mengamankan tahapan pemungutan suara Pilkada 2020 juga akan dibekali dengan masker dan handsanitizer untuk mencegah Covid-19.

Mantan Kapolsek Blora ini mengingatkan anggotanya agar selama dalam pelaksanaan tugas selalu memperhatikan protokol kesehatan, dan bisa mengajak warga untuk minimal menerapkan 4 M. Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Selain kesehatan, Yang paling utama adalah penerapan disiplin protokol kesehatan. Jangan bosan untuk mengajak warga dalam penerapan 4M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan. Terutama saat kegiatan pemungutan suara,” pungkas Kapolsek Cepu. (red)