Home Kegiatan Masyarakat Gandeng IDFoS Indonesia, Pertamina Ep Cepu dan SKK MIGAS Selenggarakan Pelatihan Administrasi...

Gandeng IDFoS Indonesia, Pertamina Ep Cepu dan SKK MIGAS Selenggarakan Pelatihan Administrasi Keuangan BUMDesa Kaliombo.

32

Mediapantura.com, Bojonegoro – Pengelolaan keuangan merupakan fungsi yang vital dalam sebuah lembaga termasuk BUMDesa dalam menjalankan aktifitasnya. Fungsi keuangan tidak lepas dari kegiatan administrasi yang mencakup pencatatan dan pelaporan keuangan.

Pelatihan yang dilaksanakan pada Sabtu, (25/12/2021)itu dilaksanakan pagi sampai sore hari di gedung aula 44s Purwosari, kecamatan purwosari, kabupaten bojonegoro.

Acara ini dipandu langsung oleh Laily Mubarokah Manager Program IDFoS Indonesia beliau memberikan penjelasan pentingnya memahami sistem akuntansi keuangan untuk lembaga seperti BUMDesa.

Kegiatan ini diikuti oleh BUMDesa Usaha Bhakti Manunggal Desa Kaliombo Kecamatan Purwosari dan delegasi peserta dari BUMDesa Makmur Rejo Desa Bandung Rejo Kecamatan Ngasem, Dan disela Pembukaan berlangsung Bhabinkamtibmas Desa Kaliombo Juga turut hadir.

Pelatihan Administrasi Keuangan ini diprakarsai pertamina EP Cepu dan SKK Migas serta difasilitasi oleh IDFoS Indonesia yang termasuk dalam rangkaian program peningkatan kapasitas masyarakat melalui optimalisasi unit bisnis badan usaha milik (BUMDesa) Usaha Bhakti Manunggal Desa Kaliombo.

Karenanya pengelolaannya membutuhkan personil yang kompeten dan dapat dipercaya. Pengelolaan fungsi keuangan yang buruk seringkali membuat BUMDesa sulit untuk berkembang bahkan tidak memiliki dana ketika dibutuhkan.

“Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan diaplikasikan untuk mengelola BUMDesa di Desa Kaliombo, sehingga sistem keuangan BUMDesa bisa sesuai ketentuan Sistem Akuntansi Keuangan (SAK) yang umum digunakan” kata Laily manager program IDFoS Indonesia.

Dalam Sambutan Endra Mugi R. Perwakilan PT. Pertamina Ep Cepu mengatakan pelatihan Administrasi Keuangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja administrasi keuangan di BUMDesa Kaliombo.

“Harapan dari diadakan pelatihan ini agar bisa membekali BUMDesa khususnya para administrator keuangan agar mengerti tentang pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai standard umum yang berlaku” Katanya dalam sambutan.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri pula oleh Arry Sugih Eko H. dari perwakilan pemerintah kecamatan purwosari.

“Semoga peserta dapat mengikuti pelatihan ini sampai selesai sehingga bisa mengerti konsep keuangan yang sesuai dengan Standard Akuntansi Keuangan (SAK) untuk mengelola BUMDesa di Kaliombo” Kata Arry Kasi Pemerintahan Kecamatan Purwosari.

Masih dalam momen yang sama Kades Kaliombo dalam sambutan pembukaan acara.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PEPC dan IDFoS Indonesia atas diselenggarakannya kegiatan pelatihan Administrasi Keuangan ini” Jelas Kades Kaliombo.

Selanjutnya setelah adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan para peserta dapat menjadi penggerak untuk terus memajukan geliat ekonomi Desa melalui BUMDesa yang mampu menembus pasar bisnis baik dalam negeri maupun manca negara.(Denmas/Red).*