Home Kegiatan Masyarakat Expo Bojonegoro, Sekar Tampilkan Camilan Berkelas Berbahan Lokal

Expo Bojonegoro, Sekar Tampilkan Camilan Berkelas Berbahan Lokal

27

Reporter : Dwi Purwanto

Mediapantura.com Bojonegoro – Siapa sangka di ujung selatan wilayah Bojonegoro, ternyata geliat ekonomi kreatif cukup tinggi. Hal itu terbukti dengan munculnya pelaku-pelaku ekraf sektor kuliner, saat pihak kecamatan menawarkan partisipasi masyarakatnya dalam Expo Bojonegoro 2022 pada Bulan Oktober mendatang.

“Semua desa memunculkan pelaku ekonomi kreatif, didominasi dari sektor kuliner. Dan pesertanya terus bertambah,” ujar Alit Saksama Purnayoga, selaku Camat Sekar. Menurutnya, gelaran Expo kali ini dianggap sebagai momentum kebangkitan UMKM dan IKM di wilayah Sekar setelah sebelumnya sempat berhenti karena pandemi.

Tak hanya sekedar mengolah bahan baku lokal, para pelaku ekonomi kreatif dari Kecamatan Sekar juga telah mengemas hasil olahannya dan memasarkan secara online. “Ada beberapa yang produknya sudah masuk swalayan besar. Seluruhnya berbahan asli Sekar dan kualitasnya tak kalah dengan camilan-camilan impor. Dan yang menggembirakan, produknya bukan dadakan karena Expo. Tapi memang mereka setiap hari produksi,” tambahnya.

Mereka adalah warga pedesaan yang cukup terpencil dan mengolah aneka hasil pertanian menjadi beberapa camilan, seperti opak, keripik, hingga kembang gula. Dari tampilan dan isinya, orang pasti takkan mengira bahwa camilan tersebut diproduksi dari rumah-rumah yang ada di wilayah cukup terpencil.

“Ada juga sebuah warung yang cukup dikenal dengan menu ayam kampung panggangnya. Warung Plempoh yang berada tepat di perbatasan Kabupaten Bojonegoro dan Ngawi,” tambahnya.

Ia berharap, dengan keikutsertaan masyarakat Sekar tersebut akan dapat berdampak positif terhadap perekonomian rakyat. “Tujuan kami ya mempromosikan potensi yang ada. Wisata, kuliner, produk olahan dan sebagainya,” pungkasnya. (Red)