Home Politik|Pemerintahan Dalam Proyek Trotoar DPRD Ingatkan “Kontraktor” Drainase Prioritas Agar Tidak Banjir

Dalam Proyek Trotoar DPRD Ingatkan “Kontraktor” Drainase Prioritas Agar Tidak Banjir

60

Mediapantura.com, Bojonegoro – Ditahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mengalokasikan anggaran sekitar Rp 122,4 Millyar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk perbaikan saluran dan trotoar di sejumlah ruas jalan kota Bojonegoro.

Untuk itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bojonegoro mengingatkan kepada pemenang tender proyek (kontraktor) agar mengutamakan drainase atau saluran air, sehingga jika turun hujan ruas jalan di dalam kota tidak terjadi banjir.

Hal itu di ungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Sukur Priyanto kepada mediapantura.com, Kamis (18/8/2022). Menurutnya dalam pembangunan proyek tersebut tidak hanya memperindah perbaikan trotoarnya saja, akan tetapi juga saluran air juga di pikirkan.

“Pembangunan trotoar harus di kawal dan selalu di monitor, kami berharap tidak bagian atas trotoar yang di perindah tapi juga fungsi utama di tata seperti drainase atau saluran airnya agar tidak terjadi banjir,” jelasnya.

Pihaknya mengharapkan kepada kontraktor untuk mengendepankan mutu dan ketinggian elevasi jalan dengan saluran air di bawah trotoar agar air dari hujan tidak menggenang di jalan yang mengakibatkan banjir.

“Mengedepankan mutu itu harus, tapi saluran air juga di perhitungkan elevasi ketinggian gorong-gorong dengan jalan raya selain itu larinya air menuju kemana itu juga harus di pikirkan agar tidak mengendap airnya,” ungkapnya pria yang juga ketua DPC Partai Demokrat Bojonegoro.

Syukur juga menambahkan, seperti di ketahui sebelumnya beberapa ruas di jalan di kota seperti Jalan Panglima Sudirman, Jalan Panglima Polim dan Jalan Patimura sering langganan banjir di saat hujan lebat karena saluran air tidak berfungsi dengan baik.

Berdasar data dari laman layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Bojonegoro, anggaran Rp 122,4 miliar terdiri dari 13 paket proyek pembangunan trotoar dan saluran drainase terdiri atas Jalan Hayam Wuruk pagunya Rp 19,4 miliar. Jalan Basuki Rahmat pagunya Rp 11,6 miliar, Jalan Untung Suropati pagunya Rp 12,5 miliar.

Untuk di Jalan MH Thamrin Barat pagunya Rp 16 miliar, Jalan MH Thamrin Timur pagu Rp 14,6 miliar, Jalan Pemuda pagunya Rp 9,7 miliar. Jalan KH Mansyur pagunya Rp 5 miliar, Jalan Hasyim Asyari pagunya Rp 1,6 miliar.

Selain itu juga Jalan Teuku Umar pagunya Rp 9,6 miliar, Jalan Dr Cipto pagunya Rp 8,2 miliar. Jalan Panglima Polim pagunya Rp 5,9 miliar, Jalan Imam Bonjol pagunya Rp 3,5 miliar dan Jalan Panglima Sudirman pagunya sebesar Rp 4,8 miliar. (Rico/Red)