Home Politik|Pemerintahan Cegah Kejahatan, Jajaran Polres Blora Giatkan Blue Light Patrol

Cegah Kejahatan, Jajaran Polres Blora Giatkan Blue Light Patrol

5

Blora, mediapantura.com – Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga serta mencegah tindak kejahatan, di seluruh wilayah Kabupaten Blora, Polsek jajaran Polres Blora gencar lakukan patroli di malam hari.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, S.I.K, M.H melalui Kabag Ops Kompol Zuwono mengatakan, hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat di malam hari.

“Patroli malam juga dilakukan untuk mencegah terjadinya niatan dari para pelaku kejahatan hingga terjadi aksi kriminalitas yang dapaknya merugikan masyarakat,” kata Kabag Ops, Senin (04/11/2019).

Beliau menambahkan bahwa kegiatan seperti itu akan terus dilaksanakan untuk meminimalisir jumlah tindak kejahatan yang meresahkan serta memberikan rasa aman kepada masyarakat. Terutama kejahatan yang berakibat menimbulkan adanya korban.

Sementara itu, Kompol Zuwono menambahkan ada tiga hal yang dilakukan oleh pihaknya saat ini sebagai langkah cipta kondisi situasi yang aman dan kondusif.

“Kami melakukan pendeteksian dini area, pendekatan terhadap masyarakat dan patroli untuk monitoring kegiatan atau situasi di wilayah masing-masing Polsek,”tambahnya.

Selain itu dijelaskan Kabag Ops bahwa kejahatan terjadi karena adanya niat dari pelaku dan kesempatan untuk melakukannya.

“Salah satu bentuk kegiatan Kepolisian untuk mencegah terjadinya kejahatan adalah melakukan patroli,” jelas Kompol Zuwono.

Sasaran yang disambangi Blue light patrol meliputi daerah maupun jalanan yang sepi sehingga menjadi tujuan dilakukannya tindak kejahatan, perkantoran, SPBU, Bank, pertokoan dan juga perumahan penduduk tak luput dari patroli ini.

Patroli malam di jam-jam rawan merupakan bentuk kegiatan preventif pencegahan terjadinya kejahatan di lingkungan masyarakat. Kegiatan patroli malam itu melibatkan seluruh anggota Polsek yang dilakukan secara bergantian dan saling bersinggungan diwilayah perbatasan antar Polsek.(red)