Home Peristiwa Camat Kasiman : Meski Teknologi Informasi Berkembang, Peran Guru Sebagai Pendidik Tidak...

Camat Kasiman : Meski Teknologi Informasi Berkembang, Peran Guru Sebagai Pendidik Tidak Akan Tergantikan

32

Bojonegoro – Dengan tema “Mewujudkan Guru Sebagai Penggerak Perubahan Menuju Indonesia Cerdas Berkarakter Dalam Revolusi Industri 4.0”, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Kasiman, menggelar kegiatan upacara peringatan hari Guru di lapangan Kecamatan setempat pada hari Senin pagi, tanggal 26 November 2018.

Dalam kegiatan upacara tersebut di hadiri oleh sekitar 350 orang terdiri dari Forkopimka, PGRI, IGTKI, dan HIMPAUDI Kecamatan Kasiman.

Di kesempatan itu, Arif Nanang selaku Camat Kasiman bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP) dan membacakan amanat Menteri Pendidikan Indonesia Muhajir Efendi.

“Atas nama pribadi dan pemerintah provinsi terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga kami sampaikan atas dedikasi, komitmen, dan ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Arif Nanang.

Dalam amanat tersebut, Camat Kasiman juga memaparkan mengenai Revolusi industri keempat yang sudah merambah semua sektor termasuk pendidikan, sehingga dibutuhkan guru yang profesional dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada satuan pendidikan guna mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global.

“Meski teknologi informasi terus berkembang, tetapi peran Guru sebagai pendidik tidak akan tergantikan, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik,” imbuhnya.

Selain itu, dalam giat yang sama menurut Danramil 0813-12 Kasiman, Kapten Inf Ratik mengatakan, profesi guru sangat vital bagi kecerdasan dan kehidupan rakyat NKRI. Guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan bagi peserta didik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupan, termasuk pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak.

“Jadi siapa saja yang secara ikhlas memberikan pengetahuan yang baik dan mampu menjadikan manfaat bagi kehidupan sosial, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah Guru,” pungkas Kapten Ratik. (Gok/MP)