Home Pendidikan Cabdindik Prov Jatim Terapkan IKM Kepada 122 Lembaga Pendidikan

Cabdindik Prov Jatim Terapkan IKM Kepada 122 Lembaga Pendidikan

21

Reporter : Dwi Purwanto

mediapantura.com, Bojonegoro – Sebanyak 122 lembaga pendidikan baik itu lembaga pendidikan negeri maupun lembaga pendidikan swasta yang berada di Kabupaten Bojonegoro dibawah naungan Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi (Prov) Jawa Timur (Jatim) Wilayah Bojonegoro dan Tuban mulai Tahun Ajaran Baru 2022 – 2023 menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Dari jumlah tersebut, 61 lembaga pendidikan berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selebihnya dari Sekolah Menengah Atas (SMA) ada 49 lembaga dan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) ada 12 lembaga.

“Mulai tanggal 18 Juli 2022 kemarin atau dimulainya Tahun Ajaran Baru 2022 – 2023 lembaga pendidikan dibawah naungan Kantor Cabdindik Propinsi Jatim Wilayah Bojonegoro dan Tuban sudah menerapkan IKM”, tutur Kasi SMK Kantor Cabdindik Propinsi Jatim Wilayah Bojonegoro dan Tuban, Agung Prijono, Selasa (16/08/2022).

Agung Prijono menjelaskan, IKM ini diterapkan pada murid kelas X jenjang pendidikan SMK, sedangkan untuk kelas XI dan XII masih memakai kurikulum yang lama. Untuk tenaga pendidik atau guru semuanya sudah sudah mengikuti sosialisasi, pelatihan dan workshop IKM sehingga sudah siap menerapkan IKM.

“Nantinya setiap Pengawas dan Pengawas Pembina akan melakukan evaluasi dan melakukan monitoring pada seluruh SMK terkait IKM guna dilaporkan kepada Kantor Dinas Pendidikan Propinsi Jatim”, jelas Agung Prijono kepada Mediapantura.com.

Terpisah, Kasi SMA dan PK-PLK Kantor Cabdindik Propinsi Jatim, Maskun mengungkapkan bahwa IKM ini sangat cocok diterapkan mulai tingkat Nasional, Propinsi hingga tingkat Kabupaten. Kurikulum ini sangat memerdekakan para Guru dan para Siswa.

“Kalau di jenjang PK-PLK malah sangat cocok menerapkan IKM”, pungkas Kasi SMA dan PK-PLK Kantor Cabdindik Propinsi Jatim Wilayah Bojonegoro dan Tuban. (Red)