Home Peristiwa Antisipasi Karhutla, Polisi Blora Bersama Perhutani Blusukan Hutan

Antisipasi Karhutla, Polisi Blora Bersama Perhutani Blusukan Hutan

5

Blora, mediapantura.com – Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,Polres Blora Polda Jateng meningkatkan patroli di Kawasan hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Blora. Seperti yang dilakukan oleh Polsek Randublatung, Kamis, (15/08/2019) dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Supriyo,S.Sos,M.Si bersama Perhutani Melaksanakan Patroli hutan di wilayah KRPH Ngliron & KRPH Banyu asin Randublatung.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang,S.I.K.,M.H mengatakan panasnya suhu di musim kemarau rawan menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Untuk itulah pihaknya memerintahkan seluruh Polsek jajaran melakukan giat patroli di kawasan hutan lahan, tujuanya agar jika terjadi kebakaran langsung dapat di antisipasi.

“Patroli ini, selain untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan, sekaligus untuk mencegah Pencurian Kayu Jati di wilayah Hutan Blora”. Ungkap Kapolres Blora , Kamis (15/08/2019).

Kapolres membeberkan bahwa dari kegiatan patroli yang dilaksanakan bersama perhutani selama ini, belum ditemukan kebakaran hutan yang fatal, namun demikian patroli terus di lakukan untuk pencegahan. “Lebih baik mencegah daripada mengobati, Bersama Perhutani kami intensifkan Patroli Blusukan Hutan, dan Sampai saat ini belum ditemukan kejadian fatal, itu semua berkat kerjasama dari aparat gabungan, serta peran aktif masyarakat sekitar hutan juga.” Beber Kapolres.

Selain kegiatan patroli yang ditingkatkan, Kapolres juga memerintahkan seluruh Polsek Jajaran agar memasang Baliho Himbauan Waspada Kebakaran, Isi dari Baliho tersebut adalah Himbauan kepada masyarakat agar ikut aktif menjaga kelestarian hutan, serta segera melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan kebakaran hutan. “Kami pasang baliho himbauan waspada karhutla di tepi jalan di kawasan hutan, dengan tujuan mengajak masyarakat untuk ikut aktif menjaga hutan.” Tandas Kapolres.(waf/red)