Berikan Edukasi Pengelolaan Sampah, SMP Plus Ar Rahmat Ajak Siswa Kunjungi TPA

MediaPantura.com | Berikan Edukasi Pengelolaan Sampah, SMP Plus Ar Rahmat Ajak Siswa Kunjungi TPA

Bojonegoro – SMP Plus AR Rahmat Bojonegoro melakukan kegiatan belajar dengan mendatangi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro yang berada di Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk, Selasa (05/09/2023).

Kedatangan para siswa SMP Plus AR Rahmat merupakan bagian dari realisasi pelaksanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) didalam Kurikulum Merdeka. Dalam kegiatan kali ini diikuti sebanyak 88 siswa kelas 8.

Bacaan Lainnya

Kedatangan para siswa SMP Plus Ar Rahmat disambut langsung oleh Rama selaku Kepala Tempat Pemrosesan Akhir Sampah beserta jajarannya. Dalam kesempatan ini hadir pula Kepala Bidang (Kabid) DLH Kabupaten Bojonegoro.

Rama mengatakan sangat mengapresiasi kedatangan siswa SMP Plus Ar Rahmat ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah yang berada di Desa Banjarsari.

“Kedatangan para siswa ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah untuk membuktikan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar”, kata Rama.

Dikatakan pula oleh Rama, kedatangan para siswa SMP Plus Ar Rahmat juga ingin belajar secara langsung tentang ilmu persampahan.

“Diharapkan setelah mendatangi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah supaya diterapkan di lingkungan sekolah”, tutur Rama.

Selama kegiatan berlangsung para siswa sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh DLH Kabupaten Bojonegoro.

Setelah itu para siswa diajak melihat proses pengolahan sampah mulai dari proses pemilihan sampah kering dan basah organik serta non organik hingga proses pemanfaatan sampah menjadi BBM dan pupuk kompos.

Selanjutnya para siswa diajak secara langsung mempraktekkan bagaimana cara mengolah sampah menjadi BBM dan pupuk kompos.

Sementara itu, Widiyatmiko selaku guru pendamping sekaligus mewakili dari SMP Plus Ar Rahmat Bojonegoro mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas support dan kerjasama dari DLH Kabupaten Bojonegoro pada kegiatan Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila P5.

“Kegiatan belajar ini benar benar bermanfaat bagi siswa serta kegiatan ini menjadikan pengalaman baru bagi siswa SMP Plus Ar Rahmat”, ungkap Widiyatmiko.

Widiyatmiko menambahkan, kegiatan dengan cara mendatangi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah ini supaya diterapkan disekolah tentang cara pengelolaan dan pemanfaatan sampah.(pur/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *