Menteri Teten Masduki Apresiasi UMKM Binaan EMCL di Hari Nasional UMKM Expo 2023

MediaPantura.com | Menteri Teten Masduki Apresiasi UMKM Binaan EMCL di Hari Nasional UMKM Expo 2023

Solo – Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Teten Masduki mengapresiasi kolaborasi perusahaan multinasional dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bojonegoro, Tuban, dan Blora. Teten menyampaikan hal tersebut saat melihat anjungan pameran UMKM binaan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) di Hari UMKM Nasional Expo 2023, pada Sabtu (12/8/2023).

Program Pengembangan Masyarakat yang digulirkan operator Lapangan Minyak Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dinilai telah memberi manfaat bagi perkembangan UMKM lokal Bojonegoro, Tuban, dan Blora. Teten juga menyampaikan pesan Presiden Jokowi tentang pentingnya memaksimalkan potensi lokal.

Bacaan Lainnya

“Ini kolaborasi yang baik, bisa memaksimalkan potensi lokal. Selain mendampingi dan mendukung pengembangan usaha, juga membuka akses pasarnya,” ucapnya di sela-sela pameran UMKM yang dilaksanakan di Lapangan Pamedan Mangkunegaran selama 4 hari itu.

MediaPantura.com | Menteri Teten Masduki Apresiasi UMKM Binaan EMCL di Hari Nasional UMKM Expo 2023

Pada pameran yang diikuti ratusan UMKM dari seluruh penjuru nusantara itu, EMCL bersama Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro menampilkan 5 produk binaan unggulan yang berasal dari wilayah operasi di Bojonegoro, Tuban, dan Blora.

Pada hari pertama pembukaan, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Sekretaris Menteri Koperasi dan UMKM, Arif Rahman Hakim juga melihat dan membeli produk UMKM binaan EMCL.

Pada kesempatan tersebut Gibran nampak antusias dengan produk rajut dan makanan ringan emping gerut yang berasal dari Bojonegoro.

“Ini produk yang menarik,” tutur Gibran.

Expo UMKM 2023 ini ditutup oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dalam sambutannya, Teten menegaskan kepada seluruh pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produknya menjadi komoditas siap pakai untuk ekspor. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Saat mengunjungi anjungan pameran binaan EMCL, Teten Masduki tertarik dengan Batik Gesikharjo dan Ecoprint Tuban.

“Apresiasi saya untuk perusahaan yang sudah membantu mendorong kemajuan UMKM,” ungkap Teten.

Pada akhir acara, anjungan UMKM binaan EMCL mendapat penghargaan sebagai stand terbaik ketiga dari ratusan UMKM yang ditampilkan. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Walikota Solo, Teguh Prakoso.

“Ini adalah apresiasi untuk UMKM di Bojonegoro, Tuban, dan Blora. Terima kasih atas dukungannya,” ucap Marshya C. Ariej, perwakilan EMCL yang hadir mendampingi.

Marshya menjelaskan, EMCL terus berkomitmen untuk mendukung Pemerintah dalam pengembangan ekonomi masyarakat di wilayah operasi Lapangan Banyu Urip. Hal tersebut sejalan dengan komitmen industri hulu migas yang didukung oleh SKK Migas.

“Kami ucapkan terima kasih untuk semua yang mendukung kesuksesan operasi Lapangan Minyak Banyu Urip dan Kedung Keris. Semoga terus memberikan manfaat bagi masyarakat dan negara,” pungkasnya. (ric/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *