Respon Cepat Tanggap Darurat Bencana dari PT Pertamina EP Sukowati Lakukan Perbaikan Tanggul Inspeksi Anak Sungai Bengawan Solo

mediapantura.com, Bojonegoro – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya dalam 1 (satu) minggu kebelakang menyebabkan meningkatnya volume air di sungai Bengawan Solo.

Meningkatnya volume air di sungai terpanjang di pulau Jawa ini berdampak terhadap tanggul inspeksi di desa Sambiroto Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.

Sambiroto merupakan salah satu desa di Kabupaten Bojonegoro yang dilalui aliran anak sungai Bengawan Solo, pada Sabtu (18/2/2023) pagi dihebohkan dengan terkikisnya tanggul inspeksi milik Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS Bengawan Solo). Jika tidak ditangani, tanggul inspeksi yang terkikis air dikhawatirkan jebol dan akan membanjiri wilayah sawah hingga pemukiman warga.

MediaPantura.com | Respon Cepat Tanggap Darurat Bencana dari PT Pertamina EP Sukowati Lakukan Perbaikan Tanggul Inspeksi Anak Sungai Bengawan Solo

Menurut warga sekitar, sejak tahun 2018, tanggul inspeksi anak sungai Bengawan Solo di desa Sambiroto ini sedikitnya sudah mengalami 3 kali perbaikan dampak hujan deras dan meningkatknya volume air sungai.

Setelah menerima laporan warga melalui pemerintah desa, PT Pertamina EP Sukowati Field bekerjasama dengan berbagai instansi seperti diantaranya Dinas PU SDA Kab. Bojonegoro, BBWS Bengawan Solo, BPBD Kab. Bojonegoro, BABINSA dan Masyarakat Desa bahu membahu memperbaiki tanggul yang jebol disekitar area inspeksi anak sungai Bengawan Solo.

Berkat dukungan dari berbagai instansi, terpantau terkikisnya tanggul inspeksi anak sungai Bengawan Solo kini berhasil ditangani dengan baik.

Gunawan Wibisono selalu Kepala Desa Sambiroto mengucapkan terima kasih atas respon positif dari berbagai instansi seperti PT Pertamina EP Sukowati, Dinas PU SDA, BBWS Bengawan Solo, BPBD, BABINSA, dan seluruh masyarakat yang terlibat terhadap kondisi gawat darurat yang terjadi di desanya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam hal ini Pertamina EP Sukowati, Dinas PU SDA Kab. Bojonegoro, BBWS Bengawan Solo, BPBD Kab. Bojonegoro, Babinsa dan seluruh masyarakat yang terlibat. Berkat dukungan dari berbagai pihak, tanggul di desa kami berhasil diperbaiki”, ujar pria ramah ini.

Sementara itu menanggapi apresiasi dari Kepala Desa Sambiroto, Field Manager PT Pertamina EP Sukowati, Totok Parafianto melalui Public Relations PT Pertamina EP Sukowati, Eko Yudha Prawira menerangkan PT Pertamina EP Sukowati selalu berupaya melalukan sinergi positif dengan seluruh stakeholder dan masyarakat terlebih dalam kegiatan tanggap darurat kebencanaan.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik antara pihak Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa, Stakeholder Keamanan dan Perusahaan kondisi darurat yang terjadi di desa Sambiroto berhasil ditangani dengan cepat sehingga tidak menimbulkan kerugian berlebih bagi masyarakat khususnya disektor pertanian”, ungkap Totok.

Lebih lanjut beliau menjelaskan Sambiroto merupakan desa Ring 1 PT Pertamina EP Sukowati yang dekat dengan kota namun masih memiliki area persawahan yang luas.

“Terlebih desa Sambiroto merupakan desa yang terletak ditengah kota, namun memiliki area persawahan yang luas sebagai penunjang perekonomian masyarakat”, ujar Totok. (rico/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *